Halaman

Sabtu, 17 November 2012

Istilah - istilah Dalam Dunia 48Family

a. Wota
Istilah ini sebenarnya sama dengan otaku, yaitu penggemar berat subkultur seperti manga, anime, game, dan sebagainya. otaku lebih dari sekedar fans, mereka adalah orang yang sangat berdedikasi terhadap hobbinya. tidak akan ragu mengorbankan dirinya (imej, uang, waktu, dsb) untuk hobbi tersebut, sampai taraf dimana orang normal akan melihat mereka sebagai freak/ geek / nerd. otaku untuk idolgroup mempunyai pengucapan yang berbeda dengan otaku anime , yaitu wota. dan perlu diketahui bahwa istilah wota tidak eklusif untuk AKB48, tetapi kebanyakan fans idolgroup juga mendapat sebutan yang sama (Momusu - Mowota, Johnny's Ent, - Janiwota)

b. Wotagei
Sorakan atau gerakan khas fans idolgroup saat menonton pertunjukan idolanya. Dapat juga berupa tarian khusus.

c. Mix
Salah satu unsur dari wotagei adalah mix. ini adalah bentuk sorakan khas yang dilakukan para fans idolgroup pada bagian- bagian tertentu lagu ketika menonton pertunjukan idolanya. mix bukan hanya milik fans AKB48 saja, tapi sudah lama mengakar di kalangan fans idolgroup sejak mid 90'an. termasuk konser Z-1 dan kemudian Hello! Project. kata-kata mix yg disorakan seragam dan ada standarnya. Mix disorakan sewaktu overtur, intro (awal lagu), dan sewaktu tempo lagu melambat. ada beberapa variasi mix yg dikenal kalangan wota. berikut ini mix standar untuk wota AKB48 dan group2 saudara kembarnya. :
"Aaaa... Yossha Ikuzo! Taiga, Faiya, Saiba, Faiba, Daiba, Baiba, Jya, Jya!".

d. Oshimen
Oshimen terdiri dari dua kata, yaitu "oshi" dan "men". Oshi berarti "push/ support" dan Men adalah singkatan dari kata "menba" (member dalam arti bahasa inggris). kata ini mempunyai arti member yang paling anda dukung. dalam banyak kasus, seorang fans bisa mempunyai banyak member favorit. tetapi pasti aada satu diantara member tersebut yg paling disukai atau tidak tergantikan. inilah yang disebut dengan istilah kami-oshi.

e. Oshihen
Oshihen adalah kondisi dimana anda merubah oshi dari satu member ke member lainnya. hal ini sering dianggap kurang sopan bagi mantan oshimen anda.

f. DD (Daredemo Daisuki)
Arti kata DD (Daredemo Daisuki) adalah "saya suka semua". Diterapkan untuk semua orang dengan lebih dari satu oshimen dalam grup yang sama.

g. MD (Minna Daisuki)
Arti kata MD (Minna Daisuki) adalah "saya suka semua orang". Sama dengan DD, tapi dengan seorang oshimen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar