Senin, 25 Mei 2015

Sifat beberapa temanku selama SMA

1. Eno Zul Pangestika
Dia teman sebangku aku selama satu semester pas kelas X.
Waktu itu aku lumayan sering ngobrol sama dia, walaupun awalnya diem-dieman.
Karena masalah kecil, aku agak menjauhi dia dan nggak duduk bareng lagi.
Pas udah pisah jurusan (aku IPA, dia IPS), dia masih negur aku kalau aku lewat di hadapannya.
Seneng banget punya teman sepertinya yang nggak lupa sama aku.

2. Eka Mardiana
Aku sekelas sama dia udah dua tahun (kelas XI dan XII).
Walaupun aku gak terlalu akrab sama dia, tapi aku menanggapnya sebagai salah satu sahabat terbaik karena telah memberi pelajaran yang berharga. Dia sering ajakin aku dan teman-teman yang lain untuk shalat. Terkadang dia juga nasihati aku kalau lagi ada masalah.
Dia punya keinginan yang sama denganku, yaitu masuk Fasilkom UI.
Semoga aku sama dia bisa satu fakultas. Aaamiin...

3. Lailla Tintani Putri
Selain Eno dan Eka Mardiana, aku juga menanggap dia sebagai salah satu sahabatnya (walaupun dia mungkin gak menganggapku sebagai sahabat).
Lailla (teman-temannya kadang memanggilnya Putri) lebih tua dariku. Karena itu, aku beberapa kali curhat sama dia. Dia bisa memberi kata-kata yang cukup menyentuh hati.
Terakhir aku chattingan sama dia di WhatsApp tanggal 31 Oktober 2014, dia nanyain nilai UTS tertinggiku berapa.

4. Anik Indah Susanti
Dia beberapa kali pulang bareng sama aku (selama kelas X sampai kelas XII).
Sebenarnya sih aku gak terlalu akrab sama dia, tetapi dia baik dan cukup pengertian.
Waktu kelas X, aku sering lihat jawaban Kimia dia pas dikasih tugas.
Aku juga pernah nanya 1 soal ke dia pas ulangan Bahasa Jerman. Tapi karena itu, aku jadi lebih mengerti cara jawab soal Bhs. Jerman.

5. Putri Pardianti
Nama panggilannya Pute.
Menurutku, dia orang yang cukup enak diajak bicara.

6. Agil Asyathiri
Agil sekelas sama aku 2 tahun (kelas XII dan XII).
Menurutku, dia salah satu cowok paling berbakat di SMAN 51. Suara bagus dan bisa memainkan beberapa alat musik.
Dia juga jadi vokalis dan gitaris di band Baby Blues.
Aku yakin dia pasti bisa jadi musisi handal beberapa tahun lagi.

7. Adiyasa Wira Pratama
Aku sekelas sama Adi pas kelas X dan XII.
Pas kelas X, aku jarang banget ngobrol sama dia, lebih sering ngobrol sama teman dekatnya (Putri Dwi F.)
Pas kelas XII, aku mulai banyak ngobrol sama dia.
Dia sering nanyain aku tentang suatu hal (dia nanya kayak lagi wawancarai aku), aku jawab deh.
Walaupun sering nanya hal yang kurang penting, tapi dia pernah bilang "Kenapa Fina sekarang gak sepintar di kelas X?"
Aku jadi mengoreksi diriku sendiri kenapa kelas XII nilainya jauh lebih jelek dibandingkan kelas X.
Terima kasih buat Adiyasa Wira Pratama yang sudah mengingatkan diri ini agar nggak males belajar.

8. Dino Ardiansyah
Dinno ini termasuk salah satu cowok yang paling jago ngomong (tapi bukan bacot-bacotan ya) di sekolah (ya iyalah, dia kan mantan ketua OSIS SMAN 51 Jakarta).
Menurutku, Dinno enak diajak bicara.
Jarang-jarang loh cowok yang enak diajak bicara.
Cita-citanya jadi Presiden RI. Semoga terwujud ya. Amin...

9. Afdul Jafar
Dia termasuk cowok terunik menurutku.
Orangnya rada-rada garing sih pas sempat jadi MC di wisuda SMAN 51 Jakarta.
* jadi bingung mau nulis apa lagi tentang Afdul Jafar *

10. Petra Pengharapan
Aku sekelas sama Petra pas tahun terakhir di SMA (kelas XII).
Menurutku dia orang yang cukup membuat orang kesal.
Walaupun begitu, dia baik sama teman-teman dekatnya.

11. Naurah F. S.
Walaupun aku cuma sekelas sama dia setahun (pas kelas XII aja), aku mendapat satu pelajaran berharga darinya bahwa kalau mau meminjam sesuatu atau melihat pekerjaan teman harus bilang terlebih dahulu.

12. Nabilah Selvi A.
Aku sekelas sama dia pas kelas X dan XII
Dia itu orang yg baik, hidung mancung, dan cantik khas orang Arab.
Aku sering lihat pekerjaan dia pas ada tugas Bahasa Jerman.

13. Hernis Mariska
Aku sekelas sama dia pas kelas X dan XII juga, sama seperti Nabilah Selvi.
Orangnya baik, lumayanlah kalau diajak ngobrol.
Aku sering lihat pekerjaan dia juga (tapi lupa pelajaran apa).

14. Bintang Tyatira
Walaupun aku sekelas sama Bintang hanya satu tahun, tapi aku merasa dia udah kayak sahabat karena satu kelompok terus sama dia.
Dia orangnya baik, sering berbagi Wi-Fi dari HP buat teman yang membutuhkan (tapi aku nggak pernah minjem).

15. Agatha Christie
Agatha sekelas sama aku hanya setahun.
Menurutku, dia orang yang cukup enak diajak ngobrol.

16. Faisal Pasaribu
Awal masuk SMA, saya terkejut dengan nilainya yang paling bagus pas masuk SMAN 51 Jakarta (padahal dia dari Medan, Sumatera Utara). Saya sempat mengira dia orang yang kutu buku.
Pas sekelas di kelas XII, saya baru tahu aslinya bagaimana.
Dia salah satu cowok tergokil di kelas XII IPA 2.
Dia sering godain banyak cewek di kelas.

17. Arditya Herlambang (Ambon)
Dia salah satu cowok terunik yang pernah saya temui.
Bukan karena mukanya sih, tapi karena sifatnya.
Pas sekelas sama dia (kelas X), dia pernah mengajak salaman sama aku, terus salaman.
Tapi tanganku dipegang terlalu erat, jadinya sakit deh.

18. Ahmad Jamal
Aku sekelas sama Jamal cuma setahun.
Dia sering jajan di kantin.
Aku akui dia memang pintar dalam pelajaran Fisika, Kimia, dan Matematika.

19. Lessy Alfiani S. F.
Aku sekelas sama Lessy cuma setahun.
Menurutku, Lessy orangnya tekun belajar.
Aku sering merasa iri pas dia bisa mengerjakan soal. Dalam hati aku bilang "Kok dia yang punya pacar masih pinter ya? Kok aku yang single gak terlalu pinter ya?"

20. Halimahtu Sadiah
Udah 2 tahun aku sekelas sama dia (kelas X dan XII).
Aku duduknya selalu di depannya (pas kelas X dan XII).
Aku sih gak terlalu akrab sama dia, tapi dia baik.
Pas kelas XII, beberapa kali aku lihat pekerjaan dia (terkadang aku gak bilang-bilang :v)
Dia jago cas-cis-cus Bahasa Inggris.

21. Nadzira Nadwya
Dia orang yang baik. Aku pernah diajari Matematika sama dia (walaupun cuma 2 soal).
* bingung mau nulis apa lagi tentang Nadzira *

22. Nanda Tiara Veransya
Walaupun aku cuma sekelas sama dia setahun (pas kelas X kalau gak salah), dia cewek tergokil yang pernah aku temui. Bisa dibilang rada-rada gesrek lah :v
Dia bisa menghibur teman-temannya (termasuk aku) dalam keadaan apapun.

---------------

Sekian tulisan dariku tentang beberapa teman di SMAN 51 Jakarta.
Semoga teman-teman di SMAN 51 Jakarta yang baca tulisan ini nggak lupa sama aku.

Jumat, 10 April 2015

Pengalaman yang tak kan dilupakan semasa SMA

1. Mengerjakan PR Matematika di kamar mandi

Ini sih sebenarnya agak aib, tapi kuceritakan saja karena ini bukan aib terbesarku.

Waktu itu, di kelasku dikasih tugas Matematika, yaitu menggambar grafik fungsi kuadrat.
Waktu itu aku baru mengerjakan setengah dari seluruh tugas yang dikasih (belum menempelkan gambar grafik fungsi dan beberapa soal belum selesai dikerjakan).
Sebelum berangkat, aku mencari jawaban salah satu soal di internet (nyarinya susah karena pakai keyword Bahasa Inggris), akhirnya ketemu.
Sampai di sekolah udah telat pula. Untung gak kena KPS.
Langsung saja aku ke toilet wanita untuk menempeli gambar grafik yang belum ditempel dan menyalin jawaban soal yang baru ketemu.
Setelah selesai, aku langsung keluar kamar mandi dan ketemu beberapa teman yang agak terlambat ngumpulin tugas tersebut.

2. Nyanyi dan joget sendirian di kelas / di lapangan (pas Olahraga)

Kelas X / XII, aku sering menyanyikan lagu GIVE ME FIVE!, Sakura no Hanabiratachi, dan Heavy Rotation (itu semua lagunya AKB48).

Kelas XII, aku sering nyanyi lagu Sasae (lagu AKB48 juga) dan menari sedikit lagu RESET dari AKB48 (gerakanku masih payah sih).

Walaupun hampir gak ada yang pernah dengar aku nyanyi / lihat aku joget, yang penting aku bisa mengungkapkan isi hati dan menghibur diri sendiri.

3. Nyanyi pakai mike pas Ujian Praktek Seni Musik

Waktu ujian praktek, aku nyanyi lagunya Matsuda Seiko yang judulnya Sweet Memories.
Kata guru Seni Musik ku, aku dibilang bisa menyanyikan lagu yang cukup sulit.
Senang banget bisa dipuji pas nyanyi.

-----------------------

Sebenarnya masih banyak pengalaman yang nggak bisa dilupakan, tapi pas nulis ini aku cuma ingat yang itu saja :v

Hari terakhir KBM di SMAN 51 Jakarta

Jam pertama itu Bahasa Inggris. Karena kelas XII IPA 1 belum ambil nilai test Bahasa Inggris, jadi kelasku gabut deh.

Jam ke dua itu Biologi, disuruh mengerjakan soal latihan UN yang udah dikasih (disuruh mengerjakan 2 dari 4 soal). Aku ngerjain, tapi cuma dikit :v

Jam ke tiga : MATEMATIKA. Aku dan teman-temanku hampir selalu takut kalau guru Matematika masuk. Apalagi hari itu hari terakhir. Hampir semuanya udah mager belajar. Dikira gurunya gak ada, ternyata ada. Katanya terserah mau ngapain. Mau nyantai, nanya-nanya soal, atau melakukan hal lain. Sebagian besar asik mengobrol, hanya sedikit yang masih belajar.

Tiba-tiba mantan Ketua OSIS, Dino, dia nanya ke Bu Nesty (guru Matematika) tentang kesan dan pesan selama di kelas XII. Bu Nesty mengungkapkan semua isi hatinya sambil menangis.
Beberapa menit kemudian, Bu Nesty menyuruh perwakilan kelas untuk menyampaikan kesan dan pesan selama diajari beliau. Awalnya Bu Nesty menyuruh ketua kelas, Michael, untuk menyampaikannya. Karena Michael nggak mau (mungkin dia sebenarnya mau ngomong, tapi kehabisan kata-kata), Dino lah yang menyampaikannya.
Setelah Dino selesai ngomong, Bu Nesty memberi pesan kepada semua siswa siswi kelas XII IPA 2 agar selalu jujur dan beliau mendoakan agar kami semua sukses.

Setelah selesai memberi kesan dan pesan, kami pun berfoto bersama (pictnya menyusul ya...)

Pukul 11:15, kami melakukan kebersihan kelas karena ruangan akan digunakan untuk UN.
Hanya sedikit yang nyapu, ngepel, membersihkan sampah di laci meja (kalau ada sampahnya). Sisanya pada nyantai, termasuk aku :v

Pukul 12 kurang beberapa menit, laki-laki muslim bergegas ke Masjid kecil di sekolah untuk shalat Jum'at.
Siswa perempuannya santai sebentar sambil menunggu do'a bersama dimulai.
Siswa yang beragama Kristen Protestan dan Katholik pulang ke rumah masing-masing karena pukul 15:00 mereka ada do'a bersama di sebuah gereja.

Pukul 13 (1 siang) kurang 10 menit, hampir seluruh siswa sudah berada di Masjid.
Setelah checksound selesai, barulah acara dimulai dengan pembukaan : pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Ragil, salah satu murid kelas XII IPA.
Setelah itu, ada sambutan dari kepala sekolah, perwakilan orang tua murid, dan ... (aku lupa)

Setelah pembukaan, dimulailah motivasi + do'a bersama oleh tim ESQ 165 (sekolah yang ngundang).
Acara berlangsung cukup lama.
Di pertengahan sampai akhir acara, kami dibuat menangis karena kata-kata yang disampaikan oleh tim ESQ 165 yang menyentuh, memotivasi, sekaligus memberi pelajaran bagi kami agar selalu menjadi manusia yang berakhlak, berilmu, dan berguna bagi orang lain.

Selesai acara, kami bersalaman dengan kepala sekolah, guru-guru yang ada, dan perwakilan orang tua siswa yang mengikuti rangkaian acara sampai terakhir.

Selesai bersalaman, kami melakukan shalat Ashar (ada yang berjamaah, ada yang sendiri-sendiri).

-----------------------

Itulah kenangan di hari terakhir KBM yang sangat berkesan.

Maaf kalau ada kalimat yang salah kutulis.

-----------------------

Senin, 23 Juni 2014

2014-06-22 AKB48 Team A Nationwide Tour at Shimane [Setlist]

Kage-ana : Takahashi Minami

Setlist :
01. AKB sanjou!
02. Aitakatta
03. Kimi no koto ga sukidakara
04. Iiwake Maybe
05. Hatsukoi dash (Watarirouka Hashiritai) - Miyawaki-tachi-ka Nakanishi Nishiyama
06. Lost the way (DiVA) – Muto Tomu, Fujita Nana, Ichikawa Manami, Morikawa Ayaka, Takahashi Minami, Iwata Karen, Katayama Haruka, Nakamura Mariko, Furuhata Nao, Takita Kayoto
07. Kokoro no fumen - Matsui Sakiko
08. Sakura no ki ni narou (Matsui Sakiko piano) – Iwata Karen, Katayama Haruka, Nakamura Mariko
09. Kirigirisu Jin (no3b) - Furuhata Nao, Nakanishi Chiyori, Matsui Sakiko
10. Kimi wa boku da (Maeda Atsuko) – Kojima Haruna
11. Choose me! -  Shimazaki Haruka, Miyawaki Sakura, Takita Kayoto, Tatsuya Makiho, Kojima Natsuki
12. Naminori kakigori (Not yet) - Takahashi Minami, Muto Tomu, Ichikawa Manami, Maeda Ami
13. Kurumi to dialogue
14. HA!
15. Kataomoi Finaly
16. Melon Juice
17. Beginner - Takahashi Minami, Miyawaki Sakura, Furuhata Nao, Katayama Haruka, Nakamura Mariko, Maeda Ami, Iwata Karen, Fujita Nana, Ichikawa Manami
18. Show fight!
19. Pomytail to shushu
20. Shoujotachi yo
21. Everyday, kachuusha
22. Oogoe Diamond
23. Anata ga ite kureta kara

EN 1. Team A oshi
EN 2. Hikōkigumo
EN 3. AKB48 (Shimane Ver.)
EN 4. Koisuru Fortune Cookie

W encore

EN 5. Heavy Rotation

-----------------------

Kamis, 03 April 2014

No Sleeves / no3b - Relax! (Hiragana, Katakana, Kanji with Romaji, English Translation, and Indonesian Translation)

Info : This song is on first single no3b - Relax! and no3b first album - no3b

Info : Lagu ini ada di single pertama no3b - Relax! dan album pertama no3b - no3b

情報:この曲はファーストシングルno3bにあり - Relax! そして no3bファーストアルバム - no3b

----------------------------

Hiragana, Katakana, Kanji

「頑張って!」なんて 私 言わないよ
君は もう頑張ってるから

Relax! Relax! 心に
Relax! Relax! 深呼吸

ずっと歩き続ければ 平坦な道だけじゃない
あきらめたくなるくらい 険しい道もあるよね

そんな時は弱音を吐いても…(いいよ)

「頑張って!」なんて 私 言わないよ
君は もう 頑張ってるから
地べたに座って 少し 休もうよ
休んだって 夢は 逃げないよ

Relax! Relax! 心に
Relax! Relax! 深呼吸

そんながむしゃらになると 長い道のり続かないよ
誰かと競い合ったって ゴールはそれぞれ違う

人はみんな 自分のペースで…(大丈夫)

落ちこぼれなんて誰も思わないよ
君は ねえ 何から落ちこぼれたの?
親とか先生は 優等生 望むけど
大事なのは 君の 人生さ

Relax! Relax! 肩から
Relax! Relax! 力抜いて…

もっと 楽しみましょう
今を生きることを…
涙拭いて 笑顔見せて
行こう

「心配しないで! どうにかなるよ」
「じたばたしたって、始まんないし…」
「ってか、考えるだけ無駄だと思う」

「頑張って!」なんて 私 言わないよ
落ちこぼれなんて 誰も思わないよ

「頑張って!」なんて 私 言わないよ
君は もう 頑張ってるから
地べたに座って 少し 休もうよ
休んだって 夢は 逃げないよ

Relax! Relax! 心に
Relax! Relax! 深呼吸

Relax! Relax! 肩から
Relax! Relax! 力抜いて…

Relax!

----------------------------

Romaji

"ganbatte!" nante watashi iwanai yo
kimi wa mou ganbatteru kara

Relax! Relax! kokoro ni
Relax! Relax! shinkokyuu

zutto aruki tsuzukereba
heitan na michi dake ja nai
akirametaku naru kurai
kewashii michi mo aru yo ne

sonna toki wa yowane wo haite mo... (iiyo)

"ganbatte!" nante watashi iwanai yo
kimi wa mou ganbatteru kara
jibeta ni suwatte sukoshi yasumou yo
yasundatte yume wa nigenai yo

Relax! Relax! kokoro ni
Relax! Relax! shinkokyuu

sonna gamushara ni naru to
nagai michinori tsuzukanai yo
dareka to kisoiattatte
GOORU wa sorezore chigau

hito wa minna jibun no PEESU de... (daijoubu)

ochikobore nante dare mo omowanai yo
kimi wa nee nani kara ochikoboreta no?
oya toka sensei wa yuutousei nozomu kedo
daijinano wa kimi no jinsei sa

Relax! Relax! kata kara
Relax! Relax! chikara nuite...

motto tanoshimi mashou
ima wo ikiru koto wo…
namida fuite
egao misete
yukou

"shinpai shinai de! dounika naru yo"
"jitabara shitatte, hajimannai shi..."
"tteka, kangaeru dake muda da to omou"

"ganbatte!" nante watashi iwanai yo
ochikobore nante dare mo omowanai yo

"ganbatte!" nante watashi iwanai yo
kimi wa mou ganbatteru kara
jibeta ni suwatte sukoshi yasumou yo
yasundatte yume wa nigenai yo

Relax! Relax! kokoro ni
Relax! Relax! shinkokyuu

Relax! Relax! kata kara
Relax! Relax! chikara nuite...

Relax!

--------------------------------------------------

English Translation

I won't tell you to "Do your best!",
because you already are

Relax! Relax! Let your heart
Relax! Relax! take a deep breath

If you keep walking forever,
you know that there aren't just flat roads,
but also roads that are so steep
they make you want to give up

If you complain in times like that, "It's OK!"

I won't tell you to "Do your best!",
because you already are
Sit on the ground and rest a little bit
Your dreams won't disappear just because you took a break

Relax! Relax! Let your heart
Relax! Relax! take a deep breath

If you get too reckless,
your long journey won't continue
Even if you fought with someone,
your goals are different

Everyone goes at their own pace, "That's fine!"

No one will think you've fallen behind
Just what did you fall from?
Your parents and teachers want you to be an honor student,
but the important thing is your own life

Relax! Relax! Release the tension
Relax! Relax! from your shoulders

Let's enjoy our lives
as they are now
Dry your eyes, show me a smile,
and let's go

"Don't worry! It will be OK somehow"
"If you flail about, nothing will begin"
"But, just thinking about it is useless"

I won't tell you to "Do your best!"
No one will think you've fallen behind

I won't tell you to "Do your best!",
because you already are
Sit on the ground and rest a little bit
Your dreams won't disappear just because you took a break

Relax! Relax! Let your heart
Relax! Relax! take a deep breath

Relax! Relax! Release the tension
Relax! Relax! from your shoulders

Relax!

--------------------------------------------------

Indonesian Translation

Aku tidak akan mengatakan kepadamu untuk "Lakukan yang terbaik!",
karena kamu telah siap

Tenang! Tenang! Tenangkan hatimu
Tenang! Tenang! Ambil napas dalam-dalam.

Jika kamu tetap terus berjalan,
Kamu tahu itu bukan hanya jalan yang rata,
tapi juga jalan yang sangat curam
mereka membuatmu untuk menyerah

Jika Anda mengeluh di saat seperti itu, "Tidak apa-apa!"

Aku tidak akan mengatakan kepadamu untuk "Lakukan yang terbaik!",
karena kamu telah siap
Duduklah di taman dan beristirahat sejenak
Mimpimu tidak akan menghilang hanya karena kamu beristirahat sejenak

Tenang! Tenang! Tenangkan hatimu
Tenang! Tenang! Ambil napas dalam-dalam.

Jika Anda terlalu ceroboh, 
perjalanan panjang Anda tidak akan berlanjut
Bahkan jika Anda bertengkar dengan seseorang, 
tujuanmu akan berbeda 

Semua orang pergi dengan langkah mereka sendiri, "Tidak apa-apa!"

Tak seorang pun berpikir Anda telah jatuh di belakang
Hanya karena kamu jatuh? 
Orang tua dan guru ingin Anda menjadi seorang siswa terhormat, 
tapi yang terpenting adalah kamu menentukan jalan hidupmu sendiri 

Tenang! Tenang! Lepaskan ketegangan
Tenang! Tenang! Tenangkan bahumu

Mari kita menikmati hidup 
seperti sekarang 
Keringkan matamu (jangan menangis), perlihatkan senyum kepadaku, 
dan ayo kita pergi 

"Jangan khawatir! Ini akan menjadi baik entah bagaimana caranya" 
"Jika Anda menyerah, hal itu tidak akan dimulai" 
"Tapi, aku hanya berpikir bahwa hal itu sia-sia" 

Aku tidak akan mengatakan kepadamu untuk "Lakukan yang terbaik!" 
Tak seorang pun berpikir kamu telah jatuh di belakang

Aku tidak akan mengatakan kepadamu untuk "Lakukan yang terbaik!",
karena kamu telah siap
Duduklah di taman dan beristirahat sejenak
Mimpimu tidak akan menghilang hanya karena kamu beristirahat sejenak

Tenang! Tenang! Tenangkan hatimu
Tenang! Tenang! Ambil napas dalam-dalam.

Tenang! Tenang! Lepaskan ketegangan 
Tenang! Tenang! Tenangkan bahumu

Tenang!

--------------------------------------------------

Hiragana, Katakana, Kanji, and English translation :
http://stage48.net/studio48/relax.html.

Indonesian translation by Fina Chairani

Jumat, 03 Januari 2014