Halaman

Minggu, 05 Mei 2013

Semua tentang Bus Sekolah (BS) di DKI Jakarta

Tentang Bus Sekolah


Bus sekolah sudah dioperasikan sejak tahun 2007 secara gratis di DKI Jakarta. HANYA siswa SD - SMP - SMA yang memakai seragam sekolah yang boleh naik Bus Sekolah ini.

Bus sekolah yang dikelola Pemprov DKI Jakarta saat ini ada 81 unit. Dari jumlah itu, hanya 44 bus yang beroperasi.

Ada 11 rute bus sekolah: 
1. Lapangan Banteng - Kemayoran - Pul BBG Perintis Kemerdekaan 
2. Plumpang - Sunter - Kemayoran
3. Gandaria - TMII
4. Pulogadung - Pondok Kopi
5. TMII - Kampung Melayu
6. Kebayoran Baru - Pasar Minggu
7. Pasar Minggu - Lenteng Agung - UI
8. Pasar Minggu - Manggarai
9. Cawang - Plumpang
10. Cilincing - Pul BBG Perintis Kemerdekaan
11. Ranco - Condet - TMII

Waktu Operasional
SHIFT 1 (Pagi) : 05.30-07.00
SHIFT 2 (Siang) : 11.00-14.00
SHIFT 3 (Sore) : 14.30-16.00 dan 17.00-18.30

--------------------------------------------

Pengalaman naik Bus Sekolah (BS)

Saya sudah naik Bus Sekolah sekitar 20x (Kp. Melayu - TMII & TMII - Gandaria). Banyak banget ya?
Mungkin supir BSnya udah bisa ngafalin muka saya karena lumayan sering naik.

Biasanya saya naik BS jurusan Kp. Melayu - TMII dari Ayama (di Condet). Saya nunggu sekitar kurang lebih 15 menit.
Saya naik BS jurusan TMII - Gandaria dari Hek. Saya suka nunggu di halte Bus Sekolah (disitu ditulisnya Halte Blue Bird karena diseberangnya ada Pool Blue Bird Kramatjati). Semoga setelah saya tulis ini ada yang kenal dengan saya. Amin... Hahaha :D

Rekor nunggu BS paling lama sekitar 30 menit, nunggunya di Halte BS di Hek. Saya sambil melihat mobil, angkot, dan motor yang dijalan. Terus saya juga mendengarkan musik biar gak terlalu bosan nunggu BS.
Rekor nunggu BS paling cepat sekitar 30 detik, nunggunya di Halte BS di Hek juga. Waktu itu saya naik BS dari Ayama ke Hek. Kemudian saya nyebrang dan BS jurusan TMII - Gandaria langsung ada.

Komentar Tentang Kondisi BS

Selama saya naik BS, kadang-kadang dapet BS ber-AC, kadang BS yang nggak ada AC-nya.
BS dari TMII - Gandaria semuanya ber-AC, kalau BS dari Kp. Melayu - TMII saya belum pernah dapet BS ber-AC.

Kondisi BS dari Kp. Melayu - TMII ada yang (masih) kurang terawat. Saya pernah lihat coretan anak-anak nakal.




Kondisi BS dari TMII - Gandaria masih lebih terawat.



--------------------------------------------

Info Terbaru Bus Sekolah

Katanya BS mau dihapus karena Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama sudah memberikan isyarat, bahwa Bus Sekolah yang dikenal dengan warna kuning pekat itu bakal dihapus. Ia menilai pemanfaatannya tidak efektif, sehingga pembiayaan dari APBD DKI Jakarta dianggap mubazir.

Semoga BS gak jadi dihapus dan masih tetap ada sampai saya tua nanti. Amin...

--------------------------------------------

Tips Naik Bus Sekolah

1. Harus tahu jadwal BS, biar kita gak capek-capek nungguin kalau BSnya belum jalan / nggak sesuai jadwal. Ini jadwal BS yg benar:
SHIFT 1 (Pagi) : 05.30-07.00
SHIFT 2 (Siang) : 11.00-14.00
SHIFT 3 (Sore) : 14.30-16.00 dan 17.00-18.30

2. Tunggu sekitar 15 menit. Kalau lebih dari itu, terserah kalian mau nunggu/ nggak. Kalau masih banyak PR di rumah, lebih baik nggak usah lanjut nunggu BS. Waktunya terbuang percuma. Kalau besoknya gak ada PR, gak apa-apalah nunggu lagi sekitar 5-10 menit.

3. Rela desak-desakan kalau BS penuh. Sebaiknya berdiri di dekat orang yang duduk, siapa tau dia mau turun duluan.

4. Lepas jaket.

5. Jangan berisik kalau lagi di BS, nanti bisa dimarahi supirnya dan mengganggu pengguna BS yang lain.

6. Yang terpenting, perhatikan jurusan BS yang akan dinaiki. Jangan sampai salah jurusan, nanti dibawa muter kemana-mana.

--------------------------------------------

2 komentar:

  1. apakah saya bisa ikut naik

    saya dari kebayoran lama
    dan sekolah di smp darusalam
    setu babakan

    BalasHapus
  2. apakah saya bisa ikut naik

    saya dari kebayoran lama
    dan sekolah di smp darusalam
    setu babakan

    BalasHapus